Loading
beli asuransi mobil

Keuntungan Beli Asuransi Mobil Jenis Total Loss Only

Newfuyi – Asuransi mobil sangat dibutuhkan mengingat kemungkinan banyaknya kerugian, yang akan Anda tanggung jika terjadi kerusakan bahkan kehilangan mobil. Untuk bisa melindungi mobil dari risiko tersebut sebaiknya Anda beli asuransi mobil jenis total loss only. Berikut keuntungan yang Anda dapatkan dari asuransi mobil total loss only atau TLO.

beli asuransi mobil

1. Asuransi Total Loss Only Lebih Terjangkau

Jika dibandingkan dengan jenis asuransi mobil yang komprehensif atau all risk, tentu asuransi total loss only membutuhkan biaya yang lebih sedikit. Beda besaran preminya pun tergolong lumayan. Sebagai perbandingan, premi asuransi all risk mobil dengan harga 200 juta, sebesar 2% sedangkan premi asuransi TLO hanya sebesar 0.8%.

Misalkan saja, Anda ingin mempertimbangkan besaran biaya premi asuransi untuk mobil Anda yang berharga 200 juta. Untuk premi asuransi all risk, Anda harus membayar sekitar 4 juta per tahunnya. Sedangkan dengan memakai asuransi TLO, Anda hanya perlu membayar premi sebesar 1.6 juta. Selisih biayanya cukup banyak bukan?

Perbedaan premi ini pun berlaku pada biaya premi perluasan jaminan yang mungkin Anda tambahkan pada asuransi Anda. Untuk asuransi TLO, premi tambahan untuk risiko banjir sebesar 0.13%, sedangkan premi asuransi all risk sebesar 0.35%. Begitu pun premi untuk risiko tsunami dan gempa, asuransi TLO hanya perlu menambah 0.5% saja, sedangkan all risk mencapai 0.15%.

2. Menjamin Kerugian Atas Rusaknya dan Hilangnya Mobil

Asuransi kendaraan TLO mencakup jaminan kerugian, atas terjadinya kerusakan dan juga kehilangan mobil. Kerugian yang ditanggung asuransi TLO melingkupi kerusakan yang biaya perbaikannya sama dengan atau lebih dari 75% dari harga sebenarnya mobil Anda. Selain itu Anda dapat mengajukan klaim atas dicurinya mobil dan tak dapat ditemukan dalam kurun waktu 60 hari.

3. Membuat Anda Semakin Hati-Hati Saat Berkendara

Mengingat asuransi kendaraan TLO hanya dapat diklaim jika kerusakan mobil mencapai 75%, tentu Anda akan lebih berhati-hati lagi dalam berkendara. Anda akan lebih berusaha untuk menjaga mobil tak terkena lecet atau baret, karena kecerobohan Anda sendiri saat mengemudi. Anda tentu tak ingin mengeluarkan biaya lebih jika terjadi kerusakan ringan pada mobil.

Kondisi ini tentu berbeda jika Anda memakai asuransi all risk. Anda akan cenderung tak terlalu memikirkan kerusakan ringan pada mobil, dikarenakan semua biaya akan ditanggung oleh pihak asuransi. Akibatnya, Anda bisa menjadi lebih lalai dalam berkendara dan tak begitu memikirkan perlindungan pada mobil Anda.

4. Sisa Duit Bisa Ditabung Untuk Keperluan Lain

Ketika memilih asuransi TLO, biaya yang dikeluarkan sudah pasti lebih sedikit. Anda bisa menghemat pengeluaran rumah tangga Anda dan memanfaatkannya untuk hal yang lebih diperlukan. Anda juga bisa menambahkan asuransi perluasan jaminan. Besarnya premi tambahan perluasan jaminan pada asuransi TLO, tak akan melampaui premi dasar untuk asuransi all risk.

Mengingat keterjangkauan biayanya, sudah tentu asuransi TLO sangat cocok untuk Anda pilih dibanding asuransi mobil lainnya. Apalagi untuk Anda yang masih meniti karier dan masih membutuhkan banyak biaya untuk kebutuhan sehari-hari. Toh, kalau Anda sudah lebih mapan dalam hal finansial, penggantian ke jenis asuransi yang lebih menyeluruh tetap bisa dilakukan.

Walau harganya tak semahal asuransi all risk, bukan berarti asuransi TLO tak bisa diandalkan. Malah asuransi ini cenderung lebih bersahabat dari segi ekonomi, dengan banyak pemilik mobil yang masih meniti kariernya. Jika Anda beli asuransi mobil TLO, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk biaya asuransi mobil dan menggunakannya untuk keperluan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *