Loading

Yuk Simak Tips Memulai Bisnis Toko Kue Ala Artis

Newfuyi – Bisnis makanan memang tidak ada matinya. Ada saja inovasi terbaru yang terus berkembang dan mewarnai bisnis ini. Salah satu yang sedang hits adalah bisnis kue ala artis yang menjamur di kota-kota besar. Nah, jika Anda tertarik untuk memulai bisnis toko kue di Jakarta mungkin beberapa tips di bawah ini bisa membantu Anda.

Pilih Jenis Kue dan Toko yang Akan Ditempati

Langkah paling krusial yang harus Anda lakukan pertama kali saat memulai bisnis ini adalah memilih jenis kue seperti apa yang akan Anda jual. Ada dua jenis kue yang bisa Anda pilih, kue kering dan kue basah. Anda bisa menyesuaikan pilihan sesuai dengan skill dan budget yang dimiliki. Anda juga bisa melakukan riset untuk melihat jenis kue apa yang diminati saat ini.

Di era digital seperti sekarang, adanya toko fisik sebenarnya tidak terlalu penting. Bisa saja Anda memasarkannya via media sosial dan menjadikan akun media sosial Anda sebagai etalase dari kue-kue yang dijual.

Namun jika Anda ingin membuat sebuah mini café seperti yang diterpakan di salah satu toko kue di Jakarta, Cakes and Dreams Cafe: Colette & Lola, dapat dipastikan Anda harus menyiapkan budget yang cukup untuk sewa tempat dan menata ulang dekorasi interiornya.

Pertimbangkan Ukuran Dapur

Baik Anda memasarkannya secara online dari rumah maupun berniat membuka toko kue, ukuran dapur haruslah diperhatikan. Jika Anda memilih untuk memasarkannya secara online, itu berarti semua kegiatan pembuatan kue akan berlaangsung di dapur rumah. Pilihlah jenis kue yang bisa diakomodasi oleh dapur rumah Anda.

Sedangkan jika Anda ingin menyewa tempat, jenis kue yang akan diproduksi sangat menentukan seberapa luas ukuran dapur yang Anda butuhkan. Jangan lupa siapkan beberapa peralatan standar seperti oven, mixer dan lainnya di dapur toko Anda.

Gunakan Konsep yang Unik dan Berbeda

Semakin banyak yang terjun ke dunia pastry ini, semakin Anda harus bisa menemukan konsep yang berbeda dalam memasarkan produk Anda. Tampilan kue yang unik dengan desain berbeda bisa Anda terapkan. Pemilihan rasa yang tak biasa juga bisa mengundang rasa penasaran para pelanggan.

Tak hanya itu, Anda juga harus memerhatikan kemasan dari kue-kue yang akan dijual. Gunakan warna-warna pastel yang lembut untuk mendapatkan kesan ceria. Jika ingin menonjolkan kesan elegan, pilihan warna marun atau hitam bisa Anda pertimbangkan. Perhatikan juga target pasar yang akan Anda tuju.

Tentukan Harga Jual dengan Tepat

Tak hanya memperhitungkan harga bahan yang digunakan, Anda juga bisa menentukan harga jual berdasarkan tingkat kesulitan pembuatannya. Pertimbangkan juga besaran keuntungan yang akan Anda dapatkan saat menjalani bisnis ini.

Namun bila Anda baru memulai, jangan utamakan keuntungan terlebih dahulu. Temukan pelanggan sebanyak-banyaknya dan pikirkan bagaimana usaha ini akan terus berkembang nantinya. Jaga terus kualitas agar pelanggan tetap setia membeli produk Anda.

Jangan Ragu Menerapkan Tester

Sebagai awal dari perintisan usaha, Anda mungkin bisa bekerja sama dengan beberapa acara di kampus-kampus terdekat untuk menjadi suplai konsumsi mereka. Cara ini efektif memperkenalkan usaha Anda pada orang-orang di sekitar. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan tester beberapa varian rasa dari produk untuk para calon pelanggan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan jika ingin membuka toko kue di Jakarta. Anda juga bisa menentukan brand dan tagline unik yang berbeda sehingga mengundang rasa penasaran orang-orang untuk mencoba produk kue Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *